Sabtu, 30 Maret 2013

Gagal Ikut Challenge Review Buku

Liat temen-temen sesama reviewer challenge serampium di forumnya kaskus Bulan Januari dan Ferbruari lalu, jadi minder nih. Berasa sok sok-an ikut-ikutan challenge padahal ga pernah buat review sama sekali, dan review yang saya buat menutur saya sangat jelek sekali. Selalu saja membuat review yang subjektif, dan cenderung malah buiat sinopsis dibandingkan review yang lebih dalam mengupas dari kelebihan dan kekurangan buku itu sendiri. Soal alur, penokohan, latar, ahh... saya mana tau-menau soal begitu, bagaimana seharusnya. Buat cerita sendiri aja ngga bisa, gimana mau ngasih kritik dan masukan buku yang orang lain tulis yah? Hahaha..
Harusnya, setoran buku bulan ini tuh Madre-nya Dee, tentang pemuda asal Bali, yang punya hobi surfing, dan bloging, yang secara tiba-tiba mendapatkan surat wasiat dari kakek (yang belum pernah dikenal)-nya. Dalam satu hari, akhirnya ia mengetahui silsilah keluarga yang sebenarnya, orang-orang yang semala ini ia anggap sebagai keluarga, ternyata bukanlah keluarganya. Dan yang lebih mengangetkan, warisan yang diterimanya yaitu Madre--sebuah biang adonan roti-- yang entah harus ia apakan. Pilihannya kini jadi 2, tetap tinggal demi menghidupkan madre, dan menghidupi banyak orang. Atau kembali menjadi peselancar di lautan dan di dunia maya, dengan bebas. Mana yang akan ia pilih ya?
Lah, kok malah jadi review si Madre ini sih, rencananya cuma mau curhat soal gagalnya saya ikutan challenge. Tapi tak apalah ya, saya cuma review satu cerita dari sekian cerita yang terdapat dalam buku Madre ini kok.
Sebenernya udah beres dari jauh-jauh hari juga sih buku kumpulan cerpen ini, tapi mau saya baca ulang. Dan berhubung dari sekian banyak cerita yang saya baca ulang hanya Madre, ya udah. Yang lainnya saya lupa. Nunggu kumcer ini dari lama, dan senangnya juga dapet cetakan pertama, tapi setelah baca, kurang gimanaa gitu. Apa yah istilahnya, under estimate? Saya malah lebih suka Filosofi Kopi. Tapi ga terlalu kecewa juga sih udah beli, soalnya emang udah dinanti-nanti dari kapan juga gitu kan. Saya cuma kasih rating 3/5 lah ya.

Dan karena, saya putuskan untuk ga ikutan challenge di serampium, saya pikir lebih baik review di blog sendiri dulu aja kali yah, tulisannya masih sangat-sangat berantakan, kacau-balau. Kalau disini kan ya, gapapalah belajar. Harap maklum aja ya pembaca! :D Saya mohon kritik dan sarannya. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar