Minggu, 30 Juni 2013

Belajar Hakken (Part I)


(Peralatan dan hasil rajut buatan saya)


Hari Rabu kemarin, tekad saya buat belajar merajut akhirnya terlaksana juga. Sebelumnya saya emang sempet belajar sih sama salah satu sodara jauh saya, cuma berhubung saya ngerasa kurang cocok sama
cara pengajarannya, dan beliau juga sambil jaga warung, karenanya saya banyak ditinggal-tinggal, maka beliau menyarankan saya buat dateng ke Crayon's Craft and Co., yang berada di Jl. Aceh. Setelah browsing-browsing, dan kebetulan nemu brosur Crayon Edisi April 2010-Vol 4 (buset lama banget ya :P) di tumpukan kertas di kamar, alamatnya lengkapnya di Jl. Aceh No. 15 (Kebon Sirih) Bandung 40115. Websitenya bisa dilihat di www.crayonscraft.com. Kalau dari arah Bank Indonesia, bisa ikutin angkot Antapani-Ciroyom, atau angkot apapun yang belo ke sebelah kanan (belakang Balai Kota), nanti di sebelah kiri jalan bisa kita liat mesjid yang gede, namanya Mesjid Al-Ukhuwah. Nah, disamping mesjid ada jalan, masuk deh kesana. Crayon letaknya ada di sebelah kiri, ga terlalu jauh juga dari mesjid.

Disana saya nanya sama mbak2 yang jaga stand clay, dan menyuruh saya ke toko yang dibelakang untuk informasi lebih jelasnya. Nah, setelah nanya-nanya waktu dan biaya kursusnya. Untuk waktu, enaknya disini sangat-sangat fleksibel. Bisa kaan aja kita dateng kesana. Ga ada jadwal khusus. Sedangkan untuk biaya, emang cukup mahal sih kalo buat saya. Untuk pembelian senilai minimal Rp. 150.000,- kita bisa dapet 2 jam kursus gtaris. Sedangkan kalau kita belanja kurang dari nilai itu, ataupun kalau kita punya bahan sendiri, kita bisa bayar untuk kursusnya aja. Untuk member, satu jam Rp. 30.000,- sedangkan untuk member biaya kursus dipatok sebesar Rp. 15.000,- aja. Dan untuk Membernya sendiri, kita cukup membayar Rp. 100.000,- untuk satu tahun. Saran saya sih, kalau cuma iseng-iseng doang, dan ga berniat untuk berlanjut, mending ga usah ikut member, walaupun harganya keitung cukup mahal. Tapi kalau berniat rutin, menjadi member sangat disarankan, karena perbedaannya lumayan juga.


(Bunga rajutan saya, yang warna ijo dari benang wol, sedangkan yang biru tua dan biru muda dari benang katun)

Awalnya saya ga berniat ikut member, mau coba-coba satu jam saja (kek lagu ya? :P). Tapi setelah dipikir-pikir, untuk belajar semacam rajutan begini, rasanya waktu kerasa sebentar, satu jam rasanya ga akan cukup. Dan karena saya berniat ikut rutin, maka bergabunglah saya menjadi member. Pertemuan pertama, hari Rabu lalu, tanggal 26 Juni 2013, saya ngabisin waktu + 2 jam, total saya menghabiskan sekitar Rp. 145.000, plus belanja benang katun satu gulung. Saya belajar dengan Mba Lina membuat bunga-bungaan, buat bross ceritanya, setelah itu saya coba membuat tas, baru untuk dasarnya aja sih. Pertemuan kedua, saya lanjutkan hari Minggu, 30 Juni 2013, saya berangkat dari rumah sekitar jam 11 siang, dan sampai Crayon sekitar jam setengah 12. Tadinya sih mau dateng pagi-pagi, karena bukanya mulei jam 9.00-17.00. Pas saya dateng, ada yang lagi kursus juga, dia mau buat syal katanya. Gak terasa, pertemuan yang kedua ngabisin waktu cukup lama, sampe sekitar jam 4 sore. Total saya menghabiskan + Rp. 45.000,- untuk biaya kursus, dan + Rp. 56.000,-. Dari hasil kursus yang kedua ini, saya belajar buat kelanjutan tas (pinggirannya), bunga yang model pertemuan sebelumnya (saya lupa lagi buat awalnya :P hehe), sama buat bunga model lain. Yah, untuk tas nya, tentu aja ga saya selesein sampe beres, kita liat aja nanti deh, berapa lama yang saya butuhkan untuk membuat sebuah tas dari rajutan :) Ah iya, dan setelah ikutan kursus rajut merajut ini, saya baru tau kalau nama kerennya tuh Hakken :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar