Sabtu, 20 Juli 2013

Berjuta Rasanya - Tere Liye

Penaaran banget sama buku yang satu ini, saya cari ke beberapa toko buku, kosong semua dong. Mulei dari Rumah buku dan Togamas di Jl. Supratman, Sampe Gramedia yang di Jl. Merdeka pun stok buku ini habis :( Semakin penasaran lah saya, sampe akhirnya terpikir buat beli online aja, lewat tbodelisa.blogspot.com. Tapi dipikir-pikir, sayang juga yah, beli cuma satu buku, belum ditambah ongkir kan, yaudah deh, biar pas 1 kg, saya pesen 3 buku aja (dasar anak ekonomi, selalu berpikir ekonomis yah :P). Jadi yang saya pesen tuh, Berjuta Rasanya, Negeri di Ujung Tanduk, sama Bidadari-Bidadari Surga. Saya pesen tanggal 10, besoknya dikirim, dan tanggal 13 baru nyampe. Selalu kegirangan deh kalo dapet paketan kek beginian, atau kartu pos, ato semacamnya lah. Hihihi.. Walopun ga selalu bikin seneng ketika buka paketan. Hiks, tapi kali ini, saya senaaaang :)

 
(baru dibuka pas pulang kerja)

Langsung saya baca itu buku Berjuta Rasanya yang bikin saya penasaran (sekali). Saya review sedikit deh soal bukunya, yang udah saya baca aja, Berjuta Rasanya. Dua buku lainnya bakal saya bahas kalau saya udah baca ok!.  Berjuta Rasanya, merupakan kumpulan 15 cerita pendek karya Tere Liye. Dari judulnya, pasti udah ketebak dong, kalau isi cerpen dari seluruh kumcer ini punya satu tema: cinta-cintaan. Terdiri dari cerpen yang emang baru dibuat oleh sang penulis, juga cerpen klasik lama, yang diceritakan ulang, dengan versi Tere Liye. Kesan pertama setelah buku ini selesai saya baca. Yah, ternyata isinya 'remaja' banget. Walaupun selalu ada hikmah dari cerpen yang dapat diperoleh pembaca, rasanya kurang pas aja, antara cerita dengan quote yang dibuat dengan kesimpulan sang penulis. Rasanya. Agak maksa pemikiran pembaca aja. Ceritanya kurang greget kalo menurut saya, cenderung datar-datar aja dari awal sampe akhir. Tapi ya gatau juga buat pemmbaca yang lain. Karena saya disini berkomentar sesuai kapasitas saya sebagai orang awam yang hanya ingin sedikit berbagi, sok-sok-an review :P Secara keseluruhan saya cuma kasih 2/5 bintang. Tapi gak nyesel juga sih, walopun udah penasaran (banget), cari sana-sini ga nemu sampe akhirnya beli online aja, dan ternyata cerita yang disuguhkan kurang bikin saya antusias. Tapi not bad lah :D

Judul Buku : Berjuta Rasanya
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Mahaka Publishing, Jakarta
Tahun terbit: Cetakan IX, April 2013
Tebal / dimensi : vi + 205 hal, 13,5 x 20.5 cm

Ah iya, ada satu quote yang paling saya suka dari buku ini nih:

"Seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu haru ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk."
-- Berjuta Rasanya, Tereliye, hal. 26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar